Kuis Siapa Berani Indosiar 2002 Viking

Kuis Siapa Berani Indosiar 2002 Viking

Kalender Jawa September 2002

Kalender Jawa November 2002

Kalender Jawa Tahun 2002

17 Sawal 1934 Ja - 17 Sela 1934 Ja

18 Sela 1934 Ja - 16 Besar 1934 Ja

17 Besar 1934 Ja - 17 Sura 1935 Ja

18 Sura 1935 Ja - 17 Sapar 1935 Ja

18 Sapar 1935 Ja - 19 Mulud 1935 Ja

20 Mulud 1935 Ja - 19 Bakda Mulud 1935 Ja

20 Bakda Mulud 1935 Ja - 21 Jumadilawal 1935 Ja

22 Jumadilawal 1935 Ja - 22 Jumadilakir 1935 Ja

23 Jumadilakir 1935 Ja - 23 Rejeb 1935 Ja

24 Rejeb 1935 Ja - 25 Ruwah 1935 Ja

26 Ruwah 1935 Ja - 25 Pasa 1935 Ja

26 Pasa 1935 Ja - 27 Sawal 1935 Ja

Kalender Jawa Tahun Lainnya

Klik tahun dibawah ini untuk mengetahui kalender jawa tahun berikutnya lengkap dengan weton dan analisa nya.

Pengeboman Bali berlaku pada 12 Oktober 2002 di bandar Kuta di pulau Bali, Indonesia, mengorbankan 202 orang dan mencederakan 240 yang lain, kebanyakannya merupakan pelancong asing. Insiden serangan bom ini merupakan yang paling teruk dalam sejarah pengganas di Indonesia ekoran jumlah korban yang banyak serta kemusnahan yang diakibatkan daripada letupan bom - bom tersebut.[1][2]

Beberapa rakyat Indonesia telah dijatuhkan hukuman mati di atas peranan mereka dalam pengeboman tersebut, tetapi sebahagian daripada ahli yang bertanggungjawab masih belum dihadapkan ke mahkamah. Mereka yang terlibat mempunyai kaitan dengan gerakan militan Islam bernama Jemaah Islamiyah yang bergiat aktif disekitar nusantara Asia Tenggara, termasuk Filipina dan Selatan Thailand. Tiga daripada mereka telah pun dijatuhi hukuman mati dan beberapa pejuang yang lain samada telah ditangkap atau pun ditembak mati oleh pasukan polis Indonesia. Serangan termasuk ledakan tiga jenis bahan letupan; 8 biji bom paip yang disulam pada vest dan diletupkan oleh seorang pengebom berani mati, sebuah bom kenderaan yang besar serta sebuah lagi peranti kecil yang diledakan diluar kedutaan Amerika Syarikat di Denpasar, Bali. Bahan tersebut cuma mengakibatkan kerosakan kecil dan ia dilaporkan padat dengan najis manusia. Kononnya, sebuah kaset audio kecil dipercayai mengandungi pesanan suara dari Syeikh Osama bin Laden menyatakan bahawa serangan bom Bali adalah sebagai pembalasan langsung keatas sokongan Amerika Syarikat keatas 'War on Terror' serta peranan Australia dalam pemisahan Timor Timur dari Indonesia.

Pada 9 November 2008, Imam Samudra, Amrozi Nurhasyim dan Huda bin Abdul Haq telah dijatuhi hukuman mati oleh skuad penembak di pusat tahanan kepulauan Nusakambangan, lebih kurang pukul 1215 waktu dinihari.

Pada 9 Mac 2008, Dulmatin yang diberi jolokan sebagai 'Genius' telah mati ditembak oleh pasukan polis Indonesia dalam satu siri pertempuran di Pamulang, Jakarta. Beliau dipercayai sebagai orang yang bertanggungjawab meledakkan salah satu bom di Bali menggunakan telefon bimbit.

Pengakuan Omar Al-Faruq, seorang agen Al-Qaeda di Asia Tenggara telah mengaitkan beberapa pengganas Melayu. Indonesia mula menerima hakikat akan wujudnya pertubuhan pengganas di republik itu. Sebelumnya Indonesia menyangkal akan maklumat risikan yang diberikan oleh negara-negara jirannya tentang keberadaan militan Islam.

Presiden Megawati Sukarnoputri terpaksa melupakan demokrasi apabila terpaksa meluluskan undang-undang anti keganasan yang memberi kuasa menangkap seseorang tanpa bicara sebagaimana Akta Patriot di Amerika Syarikat dan ISA di Malaysia.

Antara yang dikatakan terlibat ialah Abu Bakar Basyir, Hambali @ Riduan Isamuddin, Fathur Rahman Al-Ghozi, Agus Dwikarna, @ Dany dan Omar Al-Faruq.

Pada 12 Oktober 2002 pukul 2305 waktu Indonesia, seorang pengebom syahid telah masuk kedalam Paddy's Pub dan meledakkan bom yang tersulam pada anak bajunya. Letupan tersebut menyebabkan para pelanngan, samada cedera ataupun tidak, untuk meluru keluar dari kelab tersebut dalam usaha menyelamatkan diri. Dua puluh saat kemudian, ketika orang ramai sedang berada dalam keadaan terpinga - pinga, sebuah bom yang lebih kuat yang disembunyikan didalam van Mitsubishi kemudian telah diletupkan oleh seorang lagi pengebom berani mati. Ledakan kedua inilah yang mengorbankan banyak nyawa diluar Sari Club. Bom yang berada didalam Mitsubishi L300 ini juga dilengkapkan dengan alat kawalan jauh sekiranya pemandu bertukar fikiran untuk tidak mati bersama - sama bom tersebut. Kesan kemusnahan hasil letupan bom kenderaan ini cukup dahsyat; beberapa buah bangunan disekitar kawasan kejadian mengalami kerosakan teruk dan jendela - jendela infrastruktur berkejauhan ratusan meter turut pecah. Ledakan ini juga meninggalkan kawah sedalam satu meter.

Hospital setempat di Sanglah pada waktu itu dalam keadaan serba kekurangan untuk merawat para korban, terutamanya mereka yang mengalami kelecuran akibat terkena serpihan ledakan. Jumlah mereka yang tercedera sangat banyak hingga memaksa para sukarelawan untuk meletakkan mereka didalam kolam renang di hotel berdekatan bagi mengurangkan rasa sakit dari luka terbakar. Sebahagian pula terpaksa diterbangkan ke Perth dan Darwin bagi menjalani rawatan pakar.

Satu laporan yang dikeluarkan oleh Persatuan Indonesia-Amerika Syarikat menggambarkan kejadian tersebut seperti berikut:

"Para penyiasat kini telah pun berjaya mencipta kembali aktivit para pengebom tersebut. Amrozi, Ali Imron dan Idris telah membeli sebuah motorsikal Yamaha setelah mereka bertanyakan harganya jika dijual semula selepas beberapa hari digunakan. Imron kemudianya menaiki motorsikal tersebut untuk meletakkan bom kecil diluar kedutaan Amerika Syarikat. Selanjutnya Idris menunggang motorsikal tersebut sementara Imron membawa dua orang pengebom berani mati didalam van Mitsubishi menuju ke kawasan hiburan di daerah Kuta. Dia berhenti diluar Sari Club, mengarahkan seorang pengebom berani mati untuk memakai anak bajunya dan menyuruh yang seorang lagi untuk menghidupkan bom van berkenaan. Pengebom pertama berjalan masuk ke dalam Paddy's Pub. Idris kemudianya meninggalkan pengebom kedua yang baru sahaja belajar memandu dalam garis lurus, untuk meneruskan perjalanan singkat menuju Sari Club. Idris lalu mengambil Imron menggunakan motorsikal Yamaha dan kembali ke Denpasar. Idris membuat panggilan pada telefon bimbit Nokia untuk meledakanya di Kedutaan. Kedua pengebom berani mati meledakkan peranti masing - masing. Idris dan Imron meletakkan motorsikal tersebut di satu tempat yang kemudianya menarik perhatian seorang penjaga."

Jumlah angka kematian terakhir adalah 202 orang terkorban, kebanyakanya yang berada di dalam atau berdekatan Paddy's Pub atau Sari Club adalah pelancong Barat dan mereka yang bercuti dalam lingkungan umur 20an hingga 30an, termasuk juga beberapa penduduk Bali Indonesia samada yang bertugas disekitar lokasi kejadian ataupun cuma melalui kawasan tersebut. Ratusan yang lainya mengalami luka bakar yang menggerunkan serta kecederaan berlainan. Sejumlah besar yang terkorban adalah para pelancong dari Australia dengan 88 orang terbunuh. Dua lagi mayat gagal dikenalpasti dan keduanya telah pun dibakar di Bali pada September 2003.

Ketika kejadian, beberapa individu telah tampil menghulurkan bantuan dalam apa yang dipanggil sebagai 'tindakan keperwiraan.'

Kusitino 'Kossy' Halemai, seorang warga Australia kelahiran Wallis dan Futuna yang ketika itu sedang menguruskan Bounty Hotel di Kuta pada waktu serangan berlaku, telah meneduhkan mereka yang terselamat dari ledakan. Dia telah terpilih untuk menerima kepujian the Medal of the Order of Australia (OAM) pada 13 Jun 2005.

Pasangan suami Richard dan isteri Gilana Poore, yang telah menyelenggarakan pusat rawatan sementara di kawasan penyambut tetamu Bounty Hotel, juga dianugerahkan dengan OAM.

James Parkinson, seorang jururawat kecemasan, telah berganding bahu dengan Doctor Hogg dari Wollongong di Denpasar Sanglah Hospital untuk mengendalikan pusat trauma bagi mangsa serang bom. Setelah menghilang di Afrika dan Eropah dalam tempoh tiga tahun, jabatan Governor General akhirnya berjaya menjejakinya sekaligus menganugerahkan Parkinson the Medal of the Order of Australia dalam tahun 2005.

Bom yang berada didalam van Mitsubishi L300 tersebut pada awalnya disyaki terdiri dari jenis C4, sejenis bahan letupan plastik bertaraf ketenteraan yang amat sukar diperolehi. Walaubagaimanapun, para penyiasat telah mendapati bahawa bom itu dibuat dari potassium chlorate, serbuk aluminum, dan belerang. Untuk bom Sari Club dengan van L300, para ahli militan telah memasang 12 bekas isian plastik padat dengan bahan letupan. Setiap satu laci kabinet tersebut masing - masing diisi dengan potassium chlorate, serbuk aluminum, bancuhan belerang bersama penggalak TNT, yang disambungkan melalui kabel peledak berisi PETN (pentaerythritol tetranitrate) sepanjang 150 meter (490 kaki). Sembilan puluh empat peletus RDX (cyclotrimethylene trinitramine) berkuasa elektrik telah dilengkapkan kedalam TNT tersebut. Jumlah berat keseluruhan bom van tersebut adalah 2,250 paun (1,020 kg). Kekuatan besar ledakan bersuhu tinggi yang terhasil dari campuran ini adalah serupa dengan bahan letupan udara panas, namun para militan mungkin tidak mengetahui akan hal ini.

Explore all questions with a free account

Continue with Microsoft

Already have an account? Log in

Kalender Jawa Januari 2002

Kalender Jawa Oktober 2002

Kalender Jawa 2002 Lengkap dengan Weton

Kalender Jawa Tahun 2002 lengkap dengan weton adalah salah satu cara yang populer digunakan untuk menentukan hari baik dan hari buruk dalam tradisi Jawa. Banyak orang merasa bahwa mengetahui weton mereka akan memberikan panduan tentang keberuntungan dan nasib mereka di masa depan. Namun, dengan begitu banyak informasi tentang kalender Jawa yang tersedia, mencari data yang akurat dan lengkap bisa menjadi tugas yang menantang. Untungnya, ada berbagai sumber yang menyediakan kalender Jawa Tahun 2002 ini, sehingga setiap orang dapat menemukan weton mereka dengan mudah dan cepat.

Kalender jawa tahun Tahun 2002 lengkap dengan data weton, pasaran, wuku, neptu yang lengkap yang bisa anda unduh dalam format PNG atau PDF.

Pada web kalenderize, anda dapat mendapatkan analisa bulan baik dan bulan buruk dari setiap bulan pada tahun Tahun 2002.

Di kalender Jawa tahun Tahun 2002, tahun ini dimulai dari tanggal 17 Sawal 1934 Ja sampai dengan tanggal 17 Sawal 1934 Ja.

Untuk mendapatkan file dalam format PNG atau PDF dari Kalender Jawa Tahun 2002, Silahkan unduh dengan cara klik yang tersedia di bagian bawah halaman.

Klik tanggal untuk melihat detail wuku, pasaran, neptu, hijriah, dll.

BANTUAN: Anda sedang berada di halaman Piala Dunia 2002 pada bagian Sepak Bola/Dunia. Flashscore.co.id menawarkan hasil pertandingan, penarikan (drawing)/kedudukan dan juga rincian pertandingan dari Piala Dunia 2002. Selain skor Piala Dunia 2002 anda juga dapat mengikuti 5000+ kompetisi dari lebih dari 30 jenis olah raga di seluruh dunia pada Flashscore.co.id.

Apakah hukumnya mengikuti kuis superdeal milyaran? Karena yang saya tahu peserta setelah mendapatkan hadiah harus memilih apakah ingin mendapatkan hadiah lanjutan dengan ketentuan hadiah yang didapat hilang atau tidak meneruskannya tetap dengan hadiah yang diperoleh. Bukankah ini yang disebut taruhan? Terima kasih

Assalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh, Sebelum menjawab pertanyaan anda, mungkin ada baiknya kita membahas dulu masalah hukum undian. Sebab di dalam undian itu ada asas untung-untungan dan tentunya ada semacam pertaruhan. Dan dalam beberapa kasus, memang mengundi itu punya pengertian yang nyaris mirip dengan istilah taruhan. Tetapi sesungguhnya keduanya punya esensi yang jauh berbeda.

Secara umum, sebenarnya syariah tidak melarang kita melakukan pengundian, asalkan tidak ada unsur judi di dalamnya. Namun ada juga bentuk-bentuk pengundian yang hukumnya haram.

Untuk itu kita harus mampu membedakan mana praktek pengundian yang haram dan mana yang halal.

Ada banyak bentuk undian yang diharamkan, di antaranya adalah undian yang digunakan untuk menentukan siapa yang menang dalam sebuah perjudian. Selain itu mengundi nasib dengan anak panah juga termasuk undian yang diharamkan.

a. Undian untuk Perjudian

Undian yang diharamkan adalah undian untuk berjudi. Sehingga pada hakikatnya yang diharamkan memang judinya, bukan semata-mata undiannya.

Berjudi adalah mengundi dengan mempertaruhkan uang atau harta. Bila dalam undian itu menang, maka dia berhak mengambil uang lawan mainnya yang kalah. Sebaliknya, bila dalam undian itu kalah, maka uangnya pun harus direlakan untuk diambil oleh yang menang.

Praktek mengundi untuk berjudi ini tentu saja hukumnya haram, berdasarkan taujih rabbani berikut ini:

يَسْأَلُونَكَ عَنِ الْخَمْرِ وَالْمَيْسِرِ قُلْ فِيهِمَا إِثْمٌ كَبِيرٌ وَمَنَافِعُ لِلنَّاسِ وَإِثْمُهُمَآ أَكْبَرُ مِن نَّفْعِهِمَا وَيَسْأَلُونَكَ مَاذَا يُنفِقُونَ قُلِ الْعَفْوَ كَذَلِكَ يُبيِّنُ اللّهُ لَكُمُ الآيَاتِ لَعَلَّكُمْ تَتَفَكَّرُونَ

Mereka bertanya kepadamu tentang khamar dan judi. Katakanlah: ‘Pada keduanya terdapat dosa yang besar dan beberapa manfa’at bagi manusia, tetapi dosa keduanya lebih besar dari manfa’atnya’. Dan mereka bertanya kepadamu apa yang mereka nafkahkan. Katakanlah: ‘ Yang lebih dari keperluan.’ Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu supaya kamu berfikir. (QS Al-Baqarah: 219)

b. Mengundi Nasib (Azlaam)

Bentuk lain dari pengundian yang diharamkan adalah pengundian dengan menggantungkan nasib kepada ramalan hasil undian. Orang Arab jahiliyah biasa mengundi nasib mereka dengan menggunakan anak panah.

Namun yang dimaksud dengan mengundi itu sebenarnya adalah percaya serta meyakini ramalan tentang masa depan. Bentuknya dengan mendatangi dukun untuk minta diramalkan tentang nasibnya di masa depan. Maka dukun akan memberinya berapa anak panah di dalam kantung untuk dipilih. Kalau ujung anak panah yang tertutup itu bertuliskan nasib baik, maka dia akan percaya dengan nasib baik itu. Dan berlaku juga sebaliknya.

Istilah yang tepat untuk mengundi nasib dengan menggunakan anak panah ini adalah azlaam. Dan hukumnya memang haram, sebagaimana haramnya judi.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ إِنَّمَا الْخَمْرُ وَالْمَيْسِرُ وَالأَنصَابُ وَالأَزْلاَمُ رِجْسٌ مِّنْ عَمَلِ الشَّيْطَانِ فَاجْتَنِبُوهُ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya khamar, berjudi, berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan. (QS Al-Maidah: 90)

Sedangkan bentuk mengundi yang dihalalkan adalah undian yang terlepas dari pratek perjudian atau ramalan.

Contoh undian yang dihalalkan antara lain:

a. Undian Nabi kepada Isteri-isteri untuk Ikut Perjalanan

Merupakan kebiasaan praktek nabi SAW setiap kali akan mengadakan perjalanan, beliau menentukan siapa yang ikut mendampingi lewat sebuah undian. Maka setiap akan berangkat safar, beliau SAW pun mengundi di antara isteri-isterinya. Yang namanya keluar, maka dia berhak ikut mendampingi beliau SAW. Yang namanya tidak keluar dalam undian itu, harus rela tinggal di Madinah.

عَنْ عَائِشَةَ -رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهَا قَالَتْكَانَ رَسُولُ اَللَّهِإِذَا أَرَادَ سَفَرًا أَقْرَعَ بَيْنَ نِسَائِهِ, فَأَيَّتُهُنَّ خَرَجَ سَهْمُهَا, خَرَجَ بِهَا مُتَّفَقٌ عَلَيْه

Dari Aisyah ra berkata bahwa Rasulullah SAW bila akan bepergian, beliau mengadakan undian bagi isteri-isterinya. Siapa pun yang keluar anak panahnya, maka berhak ikut beliau. (HR Bukhari dan Muslim)

Undian seperti ini bukan judi, juga bukan ramalan. Meski berbau nasib-nasiban, tetapi lepas dari hal-hal esensial yang dilarang Allah SWT. Dan beliau SAW sebagai nabi yang diutus membawa syariah telah melakukannya.

b. Sayembara Berhadiah

Kuis atau sayembara dalam literatur fiqih disebut dengan istilah ‘Ju`al’ dan hukumnya boleh. Pada hakikatnya praktek jual adalah seorang mengumumkan kepada khalayak bahwa siapa yang bisa mendapatkan barangnya yang hilang, akan diberi imbalan tertentu.

Sayembara ini berlaku untuk siapa saja tanpa harus ada kesepakatan antara pemberi hadiah dengan peserta lomba sebelumnya. Dengan dasarsayembara ini, maka undian atau kuis dibolehkan.

Al-Quran Al-Kariem menceritakan tentang kisah saudara Nabi Yusuf as yang mendapatkan pengumuman tentang hilangnya gelas/ piala milik raja. Kepada siapa yang bisa menemukannya, dijanjikan akan mendapat hadiah. Mari perhatikan firman Allah SWT:

فَلَمَّا جَهَّزَهُم بِجَهَازِهِمْ جَعَلَ السِّقَايَةَ فِي رَحْلِ أَخِيهِ ثُمَّ أَذَّنَ مُؤَذِّنٌ أَيَّتُهَا الْعِيرُ إِنَّكُمْ لَسَارِقُونَ قَالُواْ وَأَقْبَلُواْ عَلَيْهِم مَّاذَا تَفْقِدُونَ قَالُواْ نَفْقِدُ صُوَاعَ الْمَلِكِ وَلِمَن جَاء بِهِ حِمْلُ بَعِيرٍ وَأَنَاْ بِهِ زَعِيمٌ قَالُواْ تَاللّهِ لَقَدْ عَلِمْتُم مَّا جِئْنَا لِنُفْسِدَ فِي الأَرْضِ وَمَا كُنَّا سَارِقِينَ

Maka tatkala telah disiapkan untuk mereka bahan makanan mereka, Yusuf memasukkan piala ke dalam karung saudaranya. Kemudian berteriaklah seseorang yang menyerukan: ‘Hai kafilah, sesungguhnya kamu adalah orang-orang yang mencuri’. Mereka menjawab, sambil menghadap kepada penyeru-penyeru itu: ‘Barang apakah yang hilang dari pada kamu?’ Penyeru-penyeru itu berkata: ‘Kami kehilangan piala raja, dan siapa yang dapat mengembalikannya akan memperoleh bahan makanan (seberat) beban unta, dan aku menjamin terhadapnya’. Saudara-saudara Yusuf menjawab ‘Demi Allah sesungguhnya kamu mengetahui bahwa kami datang bukan untuk membuat kerusakan di negeri dan kami bukanlah para pencuri"‘. (QS Yusuf: 70- 73)

Antara kuis dengan judi memang bisa terdapat kemiripan, bahkan bisa jadi sebuahkuis yang pada dasarnya halal bisa berubah menjadi haram bila ada ketentuan tertentu yang menggesernya menjadi sebuah perjudian.

Maka yang membedakannya bukan nama atau pengistilahannya, melainkan kriteria yang ditetapkan oleh penyelenggarakuis tersebut.

Sebuah kuis undian bisa menjadi judi manakala ada keharusan bagi peserta untuk membayar sejumlah uang atau nilai tertentu kepada penyelenggara. Dan dana untuk menyediakan hadiah yang dijanjikan itu didapat dari dana yang terkumpul dari peserta undian. Maka pada saat itu jadilah kuis undian itu sebuah bentuk lain dari perjudian yang diharamkan.

Adapun kuis-kuis yang tidak mensyaratkan pesertanya untuk bermodal uang untuk dipertaruhkan, pada dasarnya bukan kuis yang berasas judi. Sehingga tidak bisa diharamkan hanya karena ada bau untung-untungan di dalam aturan mainnya.

Apalagi bila ada sistem ‘batas aman’, sehingga seseorang yang sama sekali tanpa modal harta, ketika mampu menjawab beberapa pertanyaan dan telah mendapat hadiah uang dengan nilai tertentu, berhak untuk berhenti bermain dan membawa pulang uangnya. Keberadaan batas aman ini makin menegaskan bahwa peserta kuis memang tidak akan dirugikan, bahkan hadiah yang sudah dimilikinya itu tidak akan diutak-atik oleh penyelenggara kuis.

Namun yang masih jadi titik perdebatan adalah ketika tidak ada batas aman, karena seolah seorang yang sebelumnya sudah mendapat uang dengan nilai tertentu, masih beresiko untuk kehilangan sebagian uangnya, kalau salah dalam menjawab. Kemungkinan salah menjawab dan kehilangan uangnya itu oleh sebagian kalangan dianggap bagian tidak bisa terlepas dari judi.

Mengingat prinsip judi itu adalah ada uang yang dipertaruhkan, bila menang dapat uang dan bila kalah kehilangan uang.

Namun pendapat itu dijawab dengan argumentasi bahwa semua level pertanyaan itu tidak bisa dipisah-pisahkan, semua adalah satu bentuk kesatuan. Dan sebelum permainan, hal terpenting yang harus diingat adalah bahwa para peserta sama sekali tidak mempertaruhkan harta apapun. Sehingga meski dalam dinamika permainan itu dia pernah menerima banyak uang lalu kemudian akhirnya kalah dan tidak jadi dapat uang serupiah pun, toh dia tidak akan dirugikan. Karena pada dasarnya dia memang datang tanpa modal serupiahpun juga.

Padahal yang namanya judi mesyaratkan adanya uang yang dipertaruhkna, lalu ada yang menang dan ada yang kalah. Yang menang mendapat uang lebih dari yang dipertaruhan, sedangan yang kalah akan kehilangan uang yang dipertaruhkan.

Sedangkan dalam kuis ini secara keseluruhan, semua peserta datang tanpa modal yang apapun untuk dipertaruhkan, kalau pada akhir permainan ternyata dia ‘kalah’ dan tidak membawa pulang uang serupiah pun, tidak bisa dikatakan kalah berjudi.

Maka perdebatan antara kedua belah pihak ini bisa kita simpulkan menjadi:

Apa yang kami sampaikan ini memang masih belum lengkap, karena baru membahas hukum transaksinya saja, belum lagi membahas sisi lain yang terkait erat dengan kuis-kuis semacam ini. Misalnya, masalah psikologis, adakah dampak negatifnya. Kami juga belum membahasa apakah tayangan seperti ini mendidik atau tidak. Termasuk juga belum dibahas masalah hukum sumber dananya, sponsorship dan seterusnya.

Meski tidak terkait langsung dengan inti masalah, sedikit banyak tetap harus dijadikan bahan pertimbangan juga.

Wallahu a’lam bishshawab, wassalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Kalender Jawa Desember 2002

Kalender Jawa Agustus 2002